Salin dan Bagikan
nodejs npm

Cara Install Nodejs Manual di linux

Panduan Install Node.js secara Manual di Linux

Node.js adalah lingkungan runtime JavaScript yang sangat populer untuk membangun aplikasi server-side dan aplikasi jaringan. Meskipun banyak distribusi Linux modern menyediakan Node.js melalui manajer paket mereka, terkadang Anda mungkin perlu menginstalnya secara manual. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal Node.js secara manual di Linux:

Langkah 1: Persiapan Awal

Sebelum menginstal Node.js, pastikan sistem Linux Anda telah diperbarui dan dilengkapi dengan paket-paket dasar yang diperlukan. Buka terminal dan jalankan perintah-perintah berikut (sesuaikan dengan distribusi Linux Anda):

sudo apt update       # Untuk distribusi berbasis Debian/Ubuntu
sudo yum update       # Untuk distribusi berbasis CentOS/RHEL

Langkah 2: Unduh Node.js

Kunjungi situs resmi Node.js di nodejs.org atau untuk mengunduh versi terbaru Node.js. Pilih versi LTS Unduh (Long Term Support) untuk kestabilan jangka panjang, atau versi terbaru untuk fitur terbaru dengan risiko yang lebih tinggi.

Langkah 3: Instal Node.js

Setelah unduhan selesai, buka terminal lagi dan navigasikan ke direktori tempat Anda menyimpan file unduhan Node.js (biasanya Downloads). Gunakan perintah tar untuk mengekstrak arsip Node.js:

tar -xvf node-vXX.XX.X-linux-x64.tar.xz

Gantilah XX.XX.X dengan versi Node.js yang Anda unduh. Setelah diekstrak, pindahkan direktori Node.js ke /usr/local (atau direktori yang Anda inginkan):

sudo mv node-vXX.XX.X-linux-x64 /usr/local/nodejs

Langkah 4: Atur PATH Environment

Agar Node.js dapat diakses secara global dari terminal, Anda perlu menambahkan PATH Node.js ke dalam file konfigurasi shell Anda (misalnya .bashrc, .zshrc, atau .profile). Buka file konfigurasi shell yang sesuai dengan editor teks, seperti nano atau vim:

nano ~/.bashrc

Tambahkan baris berikut di akhir file (sesuaikan dengan direktori instalasi Anda):

export PATH=$PATH:/usr/local/nodejs/bin

Simpan dan keluar dari editor teks dengan menekan Ctrl + X, diikuti dengan Y, dan Enter.

dan

nano ~/.profile

Tambahkan baris berikut di akhir file (sesuaikan dengan direktori instalasi Anda):

export PATH=$PATH:/usr/local/nodejs/bin

Simpan dan keluar dari editor teks dengan menekan Ctrl + X, diikuti dengan Y, dan Enter.

Langkah 5: Verifikasi Instalasi

Untuk memastikan Node.js telah diinstal dengan benar, buka terminal dan jalankan perintah berikut:

node -v

Perintah ini akan menampilkan versi Node.js yang telah terinstal. Selain itu, Anda dapat memeriksa versi npm (Node Package Manager) dengan perintah:

npm -v

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil menginstal Node.js secara manual di sistem Linux Anda. Pastikan untuk mengikuti versi Node.js terbaru dan menjaga sistem Anda tetap diperbarui untuk mendapatkan fitur dan keamanan terbaru. Node.js akan membantu Anda dalam mengembangkan berbagai jenis aplikasi berbasis JavaScript dengan mudah dan efisien.

Link Postingan : https://catatan.tirinfo.com/cara-install-nodejs-manual-di-linux/

Hendra WIjaya
Tirinfo
2 minutes.
29 June 2024
Cara Install Nodejs Manual di linux